Google Ikut Meramaikan Gerhana Matahari Total

image

Hari ini tanggal 9 Maret 2016 adalah hari yang masuk dalam sejarah ilmu pengetahuan/astronomi. Karena tepat hari ini Perisiwa Besar yaitu Gerhana Matahari Total. Google sepertinya tidak mau kehilangan momen bersejarah ini, karena seperti hari spesial lain, Google selalu merayakannya melalui ‘Google Doodle’. Google Doodle yang muncul di laman Google.com dan Google.co.id, selalu memperbaharui Doodle-nya.

Momen bersejarah Gerhana Matahari Total yang tepat pada hari ini, turut diramaikan Google. Ya.. Tema yang diambil Google hari ini adalah Gerhana Matahari Total. Bisa dilihat dilaman Google, gambar doodle yang ditampilkan adalah animasi yang bercerita tentang Gerhana Matahari Total, seperti gambar di bawah ini:

image

Google Doodle "Gerhana Matahari Total"

Google membuat animasi yang menarik, animasinya bercerita tentang “bumi yang sedang PW menikmati sinar matahari, tiba-tiba ditutupi bulan. Melihat hal itu bumi berusaha mengintip dari balik bulan..lucu deh”. Google memang selalu merayakan suatu momen dengan menampilkan Doodle dilaman pencariannya. Dan semua Doodle yang ditampilkan Google selalu menarik memang.

Ngomong-ngomong soal Gerhana Matahari Total yang berlangsung tadi pagi, ada yang spesial. Apanya yang spesial ? Selain momen bersejarah Gerhana Matahari Total, yang spesial adalah lokasi berlangsungnya. Gerhana Matahari Total kali ini dapat terlihat jelas hanya di Indonesia, jadi kita patut bersyukur tinggal di negeri ini. Momen Gerhana Matahari Total dapat dilihat jelas di Bangka Belitung dan sekitarnya, karena memang daerah situ yang beruntung bisa menyaksikan momen paling bersejarah ini.

Para ilmuwan luar negeri saja banyak yang menyempatkan hadir langsung dilokasi, untuk mengamati proses berlangsungnya Gerhana Matahari Total kali ini. Terakhir kali momen Gerhana Matahari Total adalah tahun 1983 lalu, dan tahun 2016 ini kita beruntung bisa melihatnya. Untuk Gerhana Matahari Total selanjutnya, kemungkinan akan hadir kurang lebih 35 tahun lagi. Cukup lama dan langka memang…

Pagi ini saya tidak melihat Gerhana Matahari secara langsung, saya hanya memantau lewat televisi saja. Tidak memungkinkan saya untuk melihat secara langsung, karena saya tidak mempunyai kacamata khusus. Akan sangat berbahaya bagi mata, kalau melihat matahari secara langsung. Paling tidak saya bisa melihat momen Gerhana Matahari Total selama hidup (walaupun hanya lewat Televisi). Karena kita tidak tahu, apakah nanti bisa melihat momen Gerhana Matahari Total. Umur hidup seseorang siapa yang tahu..

Advertisements

8 thoughts on “Google Ikut Meramaikan Gerhana Matahari Total

  1. Lucu juga doodlenya.
    Saya sudah jarang pakai google, lagi doyan pakai bing.
    Lagian browser yang dipakai Firefox. Jadinya gak terlalu memperhatikan macam-macam doodle google ini.

  2. Pingback: Equinox, Fenomena Alam Yang Akan Terjadi Besok 21 Maret 2016 | Dejash Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s