Jaringan 3G XL Masih Ditemui Blank Spot

image

Ilustrasi no signal

Sudah dua hari tidak posting apapun di blog ini, dan rasanya sekarang udah gatel banget pengen buat artikel. Karena dua hari ini lagi kesel banget sama jaringan XL, saya coba lampiaskan lewat postingan saja. Gimana gak kesel coba, kita gak bisa akses internet gara-gara blank spot atau tempat kita yang belum tercover sinyal.

Sebelum penataan jaringan 4G di Indonesia resmi dimulai, jaringan 3G xl sudah lumayan disini. Tapi semenjak 4G resmi dirilis, jaringan amburadul, yang sebelumnya dapat sinyal 3G , sekarang cuma nyantol Edge aja. Hari gini sinyal Edge bisa buat apa aja? Cuma bisa buat browsing aja. Sementara untuk membuka aplikasi chat, email, paling tidak kita membutuhkan sinyal 3G minimal.

Kecepatan internet XL sekarang ini (terutama di daerah saya) ,gak beda jauh saat saya pakai jaringan EvDo punya Smartfren, bahkan lebih kenceng smartfren. Ada apa denganmu XL? Kalau mau niat jual layanan, ya harus full jangan setengah-setengah. Harga paket internetmu boleh saja dinaikkan.. silakan, tapi jangan mengesampingkan kualitas.

Ini nih yang sudah jadi tabiat perusahaan telekomunikasi di Indonesia. Jaringan 3G saja belum sepenuhnya merata, sudah tergesa-gesa ingin meng-implementasikan jaringan 4G. Bukan cuma XL saja, tapi hampir semua operator di Indonesia. Karena sebelumnya saya sudah mencicipi kualitas jaringan internet operator di Indonesia. Dan gak beda jauh kualitasnya…

Ini mungkin plus-minus Indonesia sebagai negara kepulauan. Jadi untuk sekedar meningkatkan layanan butuh biaya ekstra, apalagi jika harus membangun BTS di seluruh titik strategis. Semoga jaringan internet seluruh ISP di Indonesia bisa lebih baik. Tidak usah muluk-muluk, karena terlalu berharap itu gak baik. πŸ™‚

Advertisements

13 thoughts on “Jaringan 3G XL Masih Ditemui Blank Spot

  1. sama mas makanya saya ganti ke opsel lain πŸ™‚
    padahal XL opsel pertama yg saya pake taun 2000 lalu tapi ko ditempat saya ga banyak perubahan padahal bukan pelosok hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s