Harga Eskrim Garigari-Kun Naik Rp1000, Perusahaan Minta Maaf

image

Kenaikan harga suatu produk adalah hal biasa, apalagi di ekonomi sekarang ini. Di Indonesia rakyat sudah sering berhadapan dengan harga kebutuhan yang fluktuatif. Tapi ada hal yang tidak biasa terjadi di Jepang. Seluruh jajaran membuat video permintaan maaf, karena kenaikan harga ¥10 atau Rp1000.

Adalah Akagi Nyugyo perusahaan pembuat Eskrim Garigari-Kun yang membuat iklan permintaan maaf. Eskrim yang populer dikalangan anak sekolah itu harganya naik menjadi ¥10 atau sekitar Rp1000 saja.

Ini adalah kali pertama (Jumat/1/4) kenaikan harga sejak seperempat abad atau 25 tahun.
Alasanya adalah deflasi dan penurunan harga di jepang sana.

Nah, khawatir akan adanya respon negatif perusahaan ini membuat iklan permintaan maaf, yang ditayangkan di TV nasional Jepang. Video yang diunggah di Youtube tembus 1Juta penonton malahan.

image

Didalam video ini seluruh jajaran direksi turut berpartisipasi, termasuk sang CEO Hideki Inoue. Video ini diawali dari CEO Akagi Nyugyo yang tampak sedih. Lalu kamera menyorot seratusan karyawan.

image

Presiden dan seluruh stafnya kemudian membungkukkan badan pertanda meminta maaf. Diikuti teks yang berbunyi “Kami telah berusaha keras selama 25 tahun tapi…” menyusul teks “60 -> 70”.

Teks tadi memberitahukan bahwa eskrim Garigari Kun mengalami kenaikan harga, dari ¥60 menjadi ¥70. Ini adalah kenaikan pertama sejak tahun 1991.

image

Permintaan maaf untuk publik yang dilakukan Perusahaan , bukanlah hal aneh di Jepang. Kalau di Indonesia, Bodoamat mau naik juga. Para pejabat di jepang saja tidak ragu untuk mundur, bila kinerjanya tidak sesuai harapan. Kalau pejabat di Indonesia? Digandeng KPK saja masih bisa senyum sambil Hi Five…itulah Indonesia :D.

Advertisements

8 thoughts on “Harga Eskrim Garigari-Kun Naik Rp1000, Perusahaan Minta Maaf

  1. Dari tahun 1991 baru naik sekarang? Plus minta maaf pula? Hebat sekali! Kultur memang lain ya. Di sini ketangkap basah pun orang masih nyengir: ‘Papa minta makan!’ :mrgreen:

  2. Hmmm, entahlah apa yang harus aku komen disini. Aku mikir, bagaimana bisa perusahaan, baru menaikkan harga setelah 25 tahun menjajakan barangnya. Itu pun mereka pakai acara minta maaf segala. Geleng2 kepala aja deh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s