Menyebarluaskan Potensi Wisata Alam Di Jawa Tengah

Sebelumnya, kita harus mengucapkan puji syukur dan terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kita semua masyarakat Indonesia diberikan sebuah tempat tinggal yang sangat luar biasa. Dari ujung Sabang hingga ke ujung Merauke yang jauh disana, tersimpan segala kekayaan dan keelokan alamnya. Bahkan keindahan alam Indonesia pun bisa menjadi sebuah inspirasi Koes Plus untuk membuat lagu.

Bukan melebih-lebihkan, tapi memang begitu adanya. Indonesia ini memang memiliki kekayaan yang tak ternilai, berupa pesona alamnya, budayanya, dan masih banyak lagi yang mungkin belum kita ketahui.

13774749_510483945804045_1503098013_n

Foto “Punthuk Kendil Gupakan” oleh @itspratama

Untungnya diera internet seperti sekarang ini, penyebaran potensi wisata semakin mudah. Ditambah dengan semakin banyak pengguna aplikasi Instagram, yang seringkali menunggah hasil foto-foto liburannya. Fakta yang harus diketahui adalah, berkat unggahan foto di Instagram ini, kita jadi tahu tempat wisata baru.

Kalau kita mengingat-ingat beberapa waktu lalu ada sebuah tempat di Klaten, Jawa Tengah yang menjadi viral disosial media. Tempat itu bernama Umbul Manten , Umbul Manten sendiri adalah sebuah kolam air yang sangat jernih sekali. Banyak orang yang berkunjung ke Umbul Manten untuk sekedar foto-foto, berenang, dan tidak sedikit yang kesini karena penasaran akan tempat yang begitu hits disosial media Instagram.

Foto Umbul Manten oleh @hendi_prayitno

Foto Umbul Manten oleh @hendi_prayitno

Dikota Klaten sendiri masih ada beberapa tempat wisata dengan airnya yang jernih sekali. Salah satunya adalah Umbul Cokro, yang juga pernah diulas oleh mas Fahmi Anhar diblognya fahmianhar.com. Umbul ini terletak di desa Cokro, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten. Berbeda dengan Umbul Manten yang berupa kolam, Umbul Cokro ini seperti sungai kecil buatan. Air yang berada di Umbul Cokro ini berasal dari mata air yang terletak di bawah pohon Ingas.

umbul-cokro

Jernihnya air Umbul Cokro,foto oleh fahmianhar.com

Saya sendiri sempat tidak menyangka, kalau ternyata dipulau jawa, khususnya Jawa Tengah ini masih ada wisata alam yang menakjubkan. Biasanya keindahan alam seperti itu cuma ada diluar pulau Jawa saja. Atau mungkin media yang kurang mempublikasikannya saja. Untungnya masyarakat Indonesia sendiri termasuk aktif mempromosikan tempat wisata baru, baik itu lewat foto di Instagram atau melalui artikel yang ditulis oleh rekan-rekan Travel Blogger.

Itulah salah satu manfaat terbesar dari adanya Internet, hal yang kita bagikan misalkan foto tempat wisata, artikel, dan sebagainya akan berdampak besar. Yang sebelumnya tidak ada orang yang tahu kalau ada tempat dengan pemandangan alam yang bagus, dengan membagikannya lewat media sosial banyak orang yang tertarik untuk mengunjungi. Satu yang harus diingat adalah, kita sebagai warga masyarakat wajib menjaga ketertiban dan kebersihan tempat wisata itu sendiri. Jangan sampai kejadian bunga Amarylis yang terinjak-injak oleh pengunjung itu terulang kembali ditempat lain.

Pemerintah dan kita sebagai masyarakat harus menjaga aset-aset yang berupa tempat wisata alam. Menjaga sarana yang telah dibangun disekitar lokasi wisata. Selalu menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sekecil apapun.

Jadikan internet dan sosial media sebagai tempat mempromosikan pesona alam Jawa Tengah. Eksplorasi terus potensi wisata alam, sehingga semakin banyak lokasi wisata yang ada. Karena secara tidak langsung, perekonomian masyarakat lokal akan naik. Bangun citra yang positif, sehingga tidak cuma wisatawan lokal yang datang melainkan dapat menarik lebih banyak lagi wisatawan asing. Karena sektor pariwisata adalah salah satu penyumbang pendapatan terbesar di negara ini.

Terakhir..semoga Indonesia khususnya Jawa Tengah agar terus menunjukkan pesonanya dimata dunia.

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba Blog Visit Jawa Tengah 2016 yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah @VisitJawaTengah

 

 

 

Advertisements

16 thoughts on “Menyebarluaskan Potensi Wisata Alam Di Jawa Tengah

  1. Kalau pas ke jogja, paling jauh cuma ke merapi. Gak tau kalau tyt di Klaten ada tempat bagus. Cuma kalau gak ada guide atau penunjuk jalannya kyknya agak sulit juga kesana…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s